Let's join to open trip program
pendaki wanita indonesia

Travelustory

GO OUT & EXPLORE!

People getting engaged, married, and having babies
I'm like... What places I'am going to the next?

Techno Farms In Netherland

Saya iseng beli gelato di sebuah peternakan sapi (produsen susu sapi segar) dan bertanya, kenapa peternakannya sepi sekali, memangnya tidak ada pekerja? Ibu pemilik peternakan tertawa dan menjelaskan, "Disini, semuanya dikerjakan oleh mesin. Membersihkan kandang, memerah susu, memberi makan sapi, semuanya pakai mesin." Hah??? tadinya saya sempat sangsi, masa iya kandang bisa bersih tanpa disapu/pel oleh manusia. Tapi keheranan saya terjawab saat saya diantar masuk ke kandang sapi, yang meskipun sedikit bau tapi bersihnya juara!! Dan disitu saya melihat sendiri, mesin (seperti robot, bentuknya mirip mesin diesel genset) yang mondar-mandir membersihkan lantai kandang dari kotoran sapi. Mesin ini otomatis mem-vacuum dan mengepel lantai. Woooww.... Belum selesai saya ternganga, saya diajak melihat ke mesin pemerah susu. Didepan mesin itu, sapi-sapi sudah berdiri mengantre menunggu giliran masuk ke mesin. Begitu si sapi masuk ke mesin dan berdiri di posisi yang sudah diajarkan sang peternak kepada si sapi, sebuah alat muncul dengan sensor-sensor berwarna merah jelalatan mencari kantung-kantung susu yang sudah penuh dari tubuh si sapi. Wow! Ini mesin (robot) canggih juga, sampai tahu dimana posisi puting untuk diperah. Dan sebelum diperah, ada mesin pencuci otomatis yang bekerja menyemprotkan air hangat yang sudah dicampur cairan desinfektan, untuk mensterilisasikan puting susu yang akan diperah. Kemudian, masih dengan tangan-tangan robot yang bersensor infra merah tersebut, proses pemerahan pun dilakukan. satu persatu puting sapi diperah, dan terlihat aliran susu putih masuk kedalam tangki penampungan. Saya hanya bisa terbengong-bengong menyaksikan kecanggihan sistem peternakan dan perkebunan di Belanda ini. Well, niat hati awalnya ingin merasakan bekerja di perkebunan, sekarang saya malah asyik berwisata keluar masuk perkebunan dan peternakan untuk melihat canggihnya proses produksi disana. Hehe... Sayangnya saya nggak bisa ambil foto banyak-banyak, karena nggak enak sama yang punya lahan perkebunan. Sudah diijinkan melihat-lihat kedalam saja sudah seneng banget, karena tidak semua petani dan peternak mengijinkan orang lain masuk ke area. Memang di negara-negara maju seperti Belanda ini, Sumber Daya Manusia sudah tidak lagi banyak dipakai. Kecanggihan teknologi lah yang menggantikannya. Mesin dan robot menjadi pengganti tangan-tangan manusia. Efisien sih, tapi ini pula lah yang menyebabkan banyaknya pengangguran di Eropa.

(Nantikan kisah-kisah Techno Farms In Netherland selengkapnya dalam sebuah karya tulisku.)

Travelustory

"Life is too short... So live it to the fullest, do what you want to do, no matter the consequences and just enjoy the time while it last!!"

"She writes her travel stories to share and inspire people to be brave and eager to travel. The world is too big for you to just stay in one place. Go out and explore!"

Logo Kecil Travelust

©2018 travelustory Designed by KominBanana. All Rights Reserved

Jl. Uluwatu, No.02, Kelan - Tuban-Bali
Email: admin@travelustory.id